Panduan Artikel

Panduan ini disusun untuk calon kontributor artikel website PSSAT UGM :

* Tulisan yang diterima berupa analisis padat dan mendalam mengenai kajian sosial Asia Tenggara dengan tiga fokus utama yaitu 1) Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi di Asia Tenggara, 2) Transformasi Politik, Sosial dan Budaya di Asia Tenggara, dan 3) Kesejahteraan sosial di Asia Tenggara. Topik perluasan dari ketiga fokus tersebut juga diterima sejauh tulisan mampu membawa unsur kebaruan serta menunjukkan analisis yang komprehensif dengan dukungan argumentasi berbasis data yang dapat dipertanggungjawabkan. Sementara itu, kluster artikel terdiri dari 1) Media dan Komunikasi, 2) Pendidikan, 3) Sejarah & Budaya, 4) Politik & Hubungan Internasional, 5) Hukum & HAM, 6) Ekonomi & Kesejahteraan Sosial.

* Tulisan harus orisinal dan belum pernah diterbitkan di media yang lain.

* Setiap penulis boleh mengirimkan lebih dari satu tulisan dan setiap tulisan bisa terdiri lebih dari satu penulis.

* Setiap artikel terdiri dari 1000-2000 kata

* Tulisan ditulis dengan format MS Word (doc/docx) pada halaman berukuran A4, spasi 1,5, font Calibri 11 pt, dan margin normal. * Sitasi dan pengutipan ditulis dalam kerangka APA Style terbaru, demikian halnya dalam penulisan daftar referensinya. Perlu diketahui bahwa segala bentuk pemakaian, penyebutan, serta pengutipan informasi dan data (termasuk gambar, grafik, tabel, dan lainnya yang digunakan untuk mendukung tulisan) sepenuhnya adalah tanggung jawab dari penulis. Oleh karena itu segala sumber yang dipakai di dalam tulisan harus seluruhnya disebutkan dan dinyatakan dengan jelas dalam daftar pustaka.

* Tulisan dikirimkan ke publikasi.pssat@gmail.com dengan subjek & nama file “Kontributor Tulisan PSSAT UGM_Nama Penulis”. Lampirkan pula CV singkat, scan identitas serta nomor rekening bank.

* Tulisan sepenuhnya dimiliki oleh penulis, namun jika ilustrasi pendukung tidak tidak disediakan penulis maka akan ditangani oleh PSSAT UGM. PSSAT UGM akan menghubungi penulis apabila bermaksud menggunakan tulisan untuk keperluan di luar publikasi website.

* Setiap tulisan yang diterbitkan akan diberikan honorarium yang sesuai. Honorarium hanya akan dibayarkan per tulisan dan tidak dihitung menurut jumlah penulis dalam satu tulisan. Honorarium akan ditransfer ke rekening Anda setelah tulisan Anda resmi diterima dan siap dipublikasikan.

* Setiap ketentuan yang belum dituliskan dalam panduan ini untuk dikomunikasikan bersama dengan asas keterbukaan informasi.