SEA Movie

SEA Movie adalah program pemutaran film yang berfokus pada wacana perfilman di Asia Tenggara. Film merupakan media yang efektif untuk melakukan penyadaran tentang berbagi isu dan fenomena di masyarakat kita. Melalui pemutaran film dan diskusi, SEA Movie mendorong penonton untuk menyadari keadaan sebagai komunitas bangsa di Asia Tenggara serta memahami masalah sosial di kawasan ini. Selain itu, film dalam lensa akademis bisa menjadi topik yang menarik untuk membuat diskusi yang bermanfaat. SEA Movie diselenggarakan satu kali dalam dua bulan di Center For Souteast Asian Social Studies (CESASS).

Beberapa program pemutaran film yang pernah dilaksanakan oleh SEA Movie, antara lain pada Maret 2016, SEA Movie menampilkan film dari Singapura berdurasi 100 menit arahan Anthony Chen, Ilo Ilo (2013) dan menghadirkan dua orang narasumber yaitu Dyna Herlina (dosen Ilmu Komunikasi UNY) dan Ros Amirah (mahasiswa National University of Singapore).

Pada tanggal 20-24 Juni 2016, SEA Movie melaksanakan Pekan Film Malaysia “Mengintip Tetangga” dengan tiga hari pemutaran film dan satu hari diskusi film bersama Dr. Budi Irawanto. Dalam PFM, SEA Movie menampilkan lima film Malaysia: Sepet (Yasmin Ahmad/2005), Rain Dog (Ho Yuhang/ 2006), Songlap (Effendy Mazlan dan Fariza Azlina Isahak/2011), Bunohan (Dain Iskandar Said/ 2012), dan Kala Bulan Mengambang (Mamat Khalid/2008).

Pada Agustus 2016, SEA Movie berkerjasama dengan Minikino menyelenggarakan pemutaran “Indonesia Raja: Yogyakarta”, program film pendek dari Minikono dalam bentuk kolaborasi antar wilayah/kota di Indonesia. Pemutaran ini menampilkan kompilasi empat film pendek Yogyakarta: Semalam Anak Kita Pulang (Adi Marsono/2015), Nilep (Wahyu Agung Prasetyo/2015), Sasi Takon (Wawan Sumarmo/2015), dan Bawang Kembar(Gangsar/2015).

Tahun ini, CESASS akan menyelenggarakan SEA Movie Open Program dengan tema “Borderless on Screen”.Dalam program ini, kami akan menampilkan film pendek yang membawa isu-isu politik, ekonomi, budaya, dan agama di Kawasan Asia Tenggara. Para peserta SEA Movie merupakan sutradara muda yang berasal dari negara Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Myanmar.

This year, Center for Southeast Asian Social Studies (CESASS) will held SEA Movie Open Program with theme “Borderless on Screen.” We dedicate this program to showcase short film that brings political, economic, culture, and religion issues in Southeast Asian Region.