PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH
Bidang Komunikasi dan Informatika
Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik
LATAR BELAKANG
Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika, Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik menyebutkan bahwa pengelolaan informasi dan komunikasi publik pemerintah daerah harus mencakup:
- Perumusan kebijakan teknis bidang informasi dan komunikasi publik
- Monitoring opini dan aspirasi publik
- Monitoring informasi dan penetapan agenda prioritas komunikasi Pemerintah Daerah
- Pengelolaan konten dan perencanaan media komunikasi publik
- Pengelolaan media komunikasi publik
- Pelayanan informasi publik
- Layanan hubungan media
- Kemitraan dengan pemangku kepentingan
- Manajemen komunikasi krisis
- Penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik
- Dukungan administratif, keuangan, dan tata kelola komisi informasi di daerah
Untuk itu, Pusat Studi Sosial Asia Tenggara (PSSAT) UGM akan menyelenggarakan pelatihan selama tiga hari. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu dan mendampingi Dinas Komunikasi dan Informatika di tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia, dalam rangka merumuskan berbagai aktivitas dan meningkatkan kualitas pengelolaan informasi dan komunikasi publik pada Pemerintah Daerah.
TUJUAN
- Meningkatkan kualitas penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah bidang komunikasi dan informatika
- Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pemerintah daerah khususnya pada Dinas Kominfo yang bertanggung jawab atas pengelolaan informasi dan komunikasi publik
- Menyusun dokumen strategi komunikasi publik pemerintah daerah
LUARAN
Dokumen Strategi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah
WAKTU DAN TEMPAT
Pelatihan akan diselenggarakan secara daring (online) dengan platform Zoom dengan empat pilihan waktu, yaitu
Periode | Pelaksanaan* | Pendaftaran Paling Lambat* |
I | Minggu ke-3 Juni 2021 | 31 Mei 2021 |
II | Minggu ke-3 Juli 2021** | 30 Juni 2021 |
III | Minggu ke-3 September 2021 | 31 Agustus 2021 |
IV | Minggu ke-3 November 2021** | 30 Oktober 2021 |
*Harap menghubungi panitia untuk informasi lebih lanjut
**Pada bulan Juli dan November akan diadakan pelatihan khusus Komunikasi Krisis dan Bencana
MATERI PELATIHAN
- Pengantar Komunikasi Publik
- ICT & Komunikasi Publik
- Manajemen Komunikasi & Media Publik
- Monitoring Opini & Aspirasi Publik
- Media Relations & Stakeholders Relations
- Komunikasi Krisis & Bencana
- Penyusunan Dokumen Rencana Stretegis Bidang Informasi dan Komunikasi Publik
PEMATERI
1. Prof.Dr.phil. Hermin Indah Wahyuni, M.Si | : | Departemen Ilmu Komunikasi UGM |
2. Prof. Agus Pramusinto | : | Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik UGM |
3. Drs. I Gusti Ngurah Putra, M.A | : | Departemen Ilmu Komunikasi UGM |
4. Dr. Kuskridho Ambardi | : | Departemen Ilmu Komunikasi UGM |
5. Dr. Gregoria Arum Yudarwati | : | Departemen Ilmu Komunikasi UAJY |
6. Andi Awaluddin Fitrah, M.A | : | Pusat Studi Sosial Asia Tenggara UGM |
7. Kementrian Komunikasi dan Informatika |
PESERTA
- Peserta pelatihan ini adalah pegawai dan staf Dinas Kominfo di seluruh wilayah kabupaten/kota seluruh Indonesia.
- Setiap daerah dapat mengirimkan lebih dari satu orang pegawai/staf untuk mengikuti pelatihan.
- Peserta setiap kegiatan pelatihan dibatasi maksimal 25 orang untuk menjamin efektivitas dan kelancaran penerimaan materi dan aktivitas diskusi.
- Apabila kuota peserta pelatihan telah terpenuhi, calon peserta dapat mendaftar untuk periode pelatihan berikutnya.
BIAYA DAN FASILITAS
- Biaya pendaftaran dan keikutsertaan adalah Rp 3.500.000/orang.
- Fasilitas meliputi materi, narasumber, konsumsi, sertifikat, dan penginapan.
PROSEDUR PENDAFTARAN
- Calon peserta membayar biaya pendaftaran dan keikusertaan melalui transfer ke rekening berikut ini:
Nama Bank: BNI Cabang UGM Yogyakarta
No. Rekening: 0084513254 a.n. Pusat Studi Sosial Asia Tenggara UGM |
- Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://bit.ly/PelatihanPSSAT2021
- Peserta mengirimkan bukti pembayaran (format .jpg/pdf) ke e-mail resmi PSSAT (pssat@ugm.ac.id) dengan subjek:
[KONFIRMASI WORKSHOP KOMINFO] – [NAMA PESERTA] – [BULAN] 2021
Contoh: KONFIRMASI WORKSHOP KOMINFO – NURAINI – JUNI 2021
- Peserta akan mendapatkan e-mail konfirmasi pendaftaran dan detail acara.
Informasi:
Pusat Studi Sosial Asia Tenggara (PSSAT), Universitas Gadjah Mada
Gedung PAU Lt.1, Sayap Timur
Jalan Teknika Utara, Gedung PAU, Sleman – Yogyakarta
55281 – Telp. (0274)589658
e–mail : pssat@ugm.ac.id
Narahubung:
085786551075 (Nur’aini)