• Tentang UGM
  • IT Center
  • English
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Center for Southeast Asian Social Studies
Universitas Gajah Mada
  • Home
  • About Us
    • Overview
    • Researcher
    • Partner Researcher
    • Partner
    • library
  • Research
    • Research
  • Program
    • The 17th International Asian Urbanization Conference
    • SUMMER COURSE
      • SUMMER COURSE 2021
      • SUMMER COURSE 2022
      • SUMMER COURSE 2023
      • SUMMER COURSE 2024 COMMUNICATING THE ASEAN IDENTITY THROUGH POPULAR CULTURE
      • SUMMER COURSE 2024 SOCIAL TRANSFORMATION IN CONTEMPORARY SOUTHEAST ASIA
      • SUMMER COURSE 2024 SMART CITY, DIGITAL TRANSFORMATION AND SOCIETY IN SOUTHEAST ASIA
      • SUMMER COURSE 2025 SMART CITY, DIGITAL TRANSFORMATION, AND SOCIETY IN SOUTHEAST ASIA
    • Symposium on Social Science (SOSS)
      • Symposium on Social Science (2018)
      • Symposium on Social Science (2020)
    • SEA MCA
    • SEA Talk
    • CESASS TALK
    • SEA Chat
    • SEA Movie
    • INTERNSHIP
      • DOMESTIC INTERNSHIP
      • INTERNATIONAL INTERNSHIP
      • Intern’s Activities
      • Intern’s Essay
    • ASEAN Day
    • Workshop Kominfo
  • Publication
    • Book
    • Journal
    • Proceeding
  • Academic Essay
    • Culture & Linguistics
    • Digital Society
    • Economic and Social Welfare
    • Education
    • Media & Communication Studies
    • Law & Human Rights
    • Politics and International Relations
    • Article Guidelines
  • Home
  • PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH

PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH

  • 30 January 2020, 10.02
  • Oleh: pssat
  • 0

PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH

Bidang Komunikasi dan Informatika
Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik

 

LATAR BELAKANG

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika, Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik menyebutkan bahwa pengelolaan informasi dan komunikasi publik pemerintah daerah harus mencakup:

  1. Perumusan kebijakan teknis bidang informasi dan komunikasi publik
  2. Monitoring opini dan aspirasi publik
  3. Monitoring informasi dan penetapan agenda prioritas komunikasi Pemerintah Daerah
  4. Pengelolaan konten dan perencanaan media komunikasi publik
  5. Pengelolaan media komunikasi publik
  6. Pelayanan informasi publik
  7. Layanan hubungan media
  8. Kemitraan dengan pemangku kepentingan
  9. Manajemen komunikasi krisis
  10. Penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik
  11. Dukungan administratif, keuangan, dan tata kelola komisi informasi di daerah

Untuk itu, Pusat Studi Sosial Asia Tenggara (PSSAT) UGM akan menyelenggarakan pelatihan selama tiga hari. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu dan mendampingi Dinas Komunikasi dan Informatika di tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia, dalam rangka merumuskan berbagai aktivitas dan meningkatkan kualitas pengelolaan informasi dan komunikasi publik pada Pemerintah Daerah.

 

TUJUAN

  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah bidang komunikasi dan informatika
  2. Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pemerintah daerah khususnya pada Dinas Kominfo yang bertanggung jawab atas pengelolaan informasi dan komunikasi publik
  3. Menyusun dokumen strategi komunikasi publik pemerintah daerah

 

LUARAN

Dokumen Strategi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah

 

WAKTU DAN TEMPAT

Pelatihan akan diselenggarakan secara daring (online) dengan platform Zoom dengan empat pilihan waktu, yaitu

 

Periode Pelaksanaan* Pendaftaran Paling Lambat*
I Minggu ke-3 Juni 2021 31 Mei 2021
II Minggu ke-3 Juli 2021** 30 Juni 2021
III Minggu ke-3 September 2021 31 Agustus 2021
IV Minggu ke-3 November 2021** 30 Oktober 2021

*Harap menghubungi panitia untuk informasi lebih lanjut
**Pada bulan Juli dan November akan diadakan pelatihan khusus Komunikasi Krisis dan Bencana

 

MATERI PELATIHAN

  1. Pengantar Komunikasi Publik
  2. ICT & Komunikasi Publik
  3. Manajemen Komunikasi & Media Publik
  4. Monitoring Opini & Aspirasi Publik
  5. Media Relations & Stakeholders Relations
  6. Komunikasi Krisis & Bencana
  7. Penyusunan Dokumen Rencana Stretegis Bidang Informasi dan Komunikasi Publik

 

PEMATERI

1.    Prof.Dr.phil. Hermin Indah Wahyuni, M.Si : Departemen Ilmu Komunikasi UGM
2.   Prof. Agus Pramusinto : Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik UGM
3.   Drs. I Gusti Ngurah Putra, M.A : Departemen Ilmu Komunikasi UGM
4.   Dr. Kuskridho Ambardi : Departemen Ilmu Komunikasi UGM
5.   Dr. Gregoria Arum Yudarwati : Departemen Ilmu Komunikasi UAJY
6.   Andi Awaluddin Fitrah, M.A : Pusat Studi Sosial Asia Tenggara UGM
7.    Kementrian Komunikasi dan Informatika

 

 

PESERTA

  1. Peserta pelatihan  ini adalah pegawai dan staf Dinas Kominfo di seluruh wilayah kabupaten/kota seluruh Indonesia.
  2. Setiap daerah dapat mengirimkan lebih dari satu orang pegawai/staf untuk mengikuti  pelatihan.
  3. Peserta setiap kegiatan pelatihan dibatasi maksimal 25 orang untuk menjamin efektivitas dan kelancaran penerimaan materi dan aktivitas diskusi.
  4. Apabila kuota peserta pelatihan telah terpenuhi, calon peserta dapat mendaftar untuk periode pelatihan berikutnya.

 

BIAYA DAN FASILITAS

  • Biaya pendaftaran dan keikutsertaan adalah Rp 3.500.000/orang.
  • Fasilitas meliputi materi, narasumber, konsumsi, sertifikat, dan penginapan.

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • Calon peserta membayar biaya pendaftaran dan keikusertaan melalui transfer ke rekening berikut ini:
Nama Bank: BNI Cabang UGM Yogyakarta

No. Rekening: 0084513254

a.n. Pusat Studi Sosial Asia Tenggara UGM

  • Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://bit.ly/PelatihanPSSAT2021
  • Peserta mengirimkan bukti pembayaran (format .jpg/pdf) ke e-mail resmi PSSAT (pssat@ugm.ac.id) dengan subjek:

[KONFIRMASI WORKSHOP KOMINFO] – [NAMA PESERTA] – [BULAN] 2021
Contoh: KONFIRMASI WORKSHOP KOMINFO – NURAINI – JUNI 2021

  • Peserta akan mendapatkan e-mail konfirmasi pendaftaran dan detail acara.

 

Informasi:

Pusat Studi Sosial Asia Tenggara (PSSAT), Universitas Gadjah Mada
Gedung PAU Lt.1, Sayap Timur
Jalan Teknika Utara, Gedung PAU, Sleman – Yogyakarta
55281 – Telp. (0274)589658

e–mail : pssat@ugm.ac.id

Narahubung:

085786551075 (Nur’aini)

nuraini.wahyu87@gmail.com

 

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Recent Posts

  • Opening of the 2025 Summer Course Program: Smart City, Digital Transformation and Society in Southeast Asia
  • Prof. Dr Rini Rachmawati and the Indonesian Collaborative Research Team (RKI) Conduct Field Work in the Nusantara Capital City
  • CESSAS Talk Series #5: How Indonesia Political Parties and Islamic Organization Influence Foreign Policy Making by Tufan Kurtay Boran
  • CESASS UGM hosted the Representative from Asian School of Business-MIT Sloan School of Management, Malaysia
  • Center for Southeast Asian Social Studies UGM successfully held the 17th International Asian Urbanization Conference
Universitas Gadjah Mada

Center for Southeast Asian Social Studies
Universitas Gajah Mada

Gedung PAU, Jl. Teknika Utara
Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
pssat@ugm.ac.id
+62 274 589658

Instagram | Twitter | FB Page | Linkedin | 

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju